HAPPY KIDS, WITH NO FLU WORRIES

10:48:00 PM

Anak senang tanpa takut flu menyerang, 
Namanya anak anak hobi atau kesenangannya main dan main. Gak tega juga kalau harus dilarang main karena kekhawatiran kita sebagai ibu, dengan alasan takut tertular penyakit temannya.

Saya sendiri yang awalnya merasakan betul kekhawatiran terhadap anak yang sedang aktif aktifnya bergerak dan bermain , alhamdulilah berkat ilmu yang di dapat bersama Dokter Attila Dewanti Sp.A(K) di acara Blogger Gathering “Happy Kids, with No Flu Worries” yang diadakan oleh The Asian Parents Indonesia dan Sanofi Pasteur (@kenapaharusvaksin) tanggal 10 November di Paradigma Kafe, Cikini.

Penjelasan Mengenai Kenapa harus Vaksin bersama Dr. Attila Dewanti & Bunda Namiramonda

Kekhawatiran saya sebagai Bunda Baru itu pun sedikit memudar loh bun, saya jadi semakin megerti Kenapa sih Harus Vaksin?
Sepertinya para bunda sudah tidak asing lagi dong ya dengan kata "VAKSIN".

Apa sih Vaksin itu ?

Vaksin adalah kegiatan memasukkan kuman yang dilemahkan. Nah ternyata Vaksin merupakan salah satu cara pencegahan tertularnya penyakit/ virus, Saat anak divaksinasi, sistem imun mengenali zat-zat tersebut sebagai hal buruk. Jadi, jika anak kemudian terpapar virus penyebab penyakit tersebut, sistem imun akan mengidentifikasinya sebagai hal buruk dan segera mematikannya.

Diacara kemarin saya mendengarkan penjelasan Dokter Attila Dewanti  mengenai Flu (influenza). Flu (influenza) merupakan penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru.
seseorang yang terkena flu bisa saja mginfeksi orang lain 1 hari sebelum gejala berkembang hingga 5-7 hari setelah benar-benar sakit.
Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Yuk bun kita kenali apaa saja gejala Flu?
  • Demam
  • Menggigil
  • Sakit Tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Nyeri otot dan badan
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Muntah-muntah (umumnya sering terjadi pada anak daripada orang tua)
Banyak juga orang yang menyepelekan penyakit flu ini, padahal penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang cukup serius pada anak dan balita seperti pneumonia, dehidrasi, disfungsi otak, sinus, dan infeksi telinga Flu sendiri ada macamnya loh bun common cold dan flu itu berbeda,  Bagaimana cara kita membedakan common cold dengan Flu (Influenza) ?

Perbedaan COMMON COLD & FLU
Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold) loh bun. Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. perlu bunda ketahui Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

Cara penyebaran flu pun tidak bisa kita hindari loh bun, dan banyak cara virus flu ini menyebar melalui uap air udara pernapasan (batuk atau bersin), melalui kontak kulit (jabat tangan atau pelukan), melalui air liur (berciuman atau minuman bersama), melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi (selimut atau pegangan pintu).

Kita sebagai orangtua dapat melindungi anak kita dari flu yaitu dengan cara memberikan vaksin sesuai jadwal yang sudah direkomendasikan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian vaksin influenza bagi bayi usia 6 bulan ke atas, terkecuali mereka yang memiliki alasan atau kondisi medis yang tidak diperbolehkan menerima vaksin ini.
Jadwal Vaksin yang di rekomendasikan oleh IDAI
VAKSIN MERUPAKAN CARA NOMER 1 DALAM PENCEGAHAN FLU
Keuntungan melakukan vaksinasi adalah membantu pencegahan terkena flu, membantu kita untuk tidak menularkan flu kepada orang lain, membantu flu menjadi lebih ringan apabila kita terserang penyakit flu, Mencegah komplikasi seperti pneumonia.

Untuk mencegah penyakit influenza, selain dengan vaksin kita juga bisa melakukan beberapa hal, seperti mengurangi kontak dengan orang sakit, istirahat di rumah ketika sedang sakit, makan dan minum yang cukup, gunakan masker untuk menghindari penyebaran virus ketika kita batuk atau bersin, dan biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Kenapa Harus Vaksin?
Kapan sih kita harus Vaksin Influenza?

Sementara bukan hanya anak saja yang harus di vaksin yah bun, semua anggota keluarga pun boleh di vaksin yah. Biasanya Musim flu terjadi antara bulan Desember hingga Februari. Agar efektif, vaksin influenza dianjurkan untuk diberikan sebelum bulan Desember, bisa diberikan pada bulan November atau Oktober. Sementara di negara beriklim tropis seperti Indonesia, wabah flu bisa terjadi kapanpun.

Vaksin Flu dapat memberikan evek samping seperti:
  • Suhu badan merendah
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Mual
  • Nyeri dan kemerahan pada lokasi suntikan
  • Nyeri otot
Jika Anak anak mengalami salah satu reaksi tersebut setelah menerima vaksin influenza, segera bunda hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sementara vaksin Flu yang sangat disarankan oleh para dokter yaitu VAKSIN FLU 4 STRAIN.
Jadi tunggu apa lagi.

Yuk Kita Vaksin sekarang!
Mencegah lebih baik dari pada mengobati. 


You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH